Board Game Teaching English In Simple Present Tense

Main Article Content

Muhamad Dini Handoko

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media board game dapat meningkatkan kemampuan simple present tense siswa dan mencari tahu apakah media board game dapat membuat proses pembelajaran menjadi menarik. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes, yaitu tes awal dan tes akhir, observasi, dan interview. Penelitian ini dilakukan di Institut Agama Islam Negeri Metro, pada jurusan Tadris Bahasa Inggris. Hasil nilai rata-rata dari pre-tes dan post-test menunjukan bahwa ada peningkatan nilai. Nilai rata-rata pada pre-tes = 48.1, dan di post-tes I = 73.1, telah terjadi peningkatan sebesar 25 poin. Kemudian, nilai rata-rata pada post-tes II = 87. juga telah terjadi peningkatan sebesar 13.9 poin dari pada pos-test I. Sedangkan, persentase siswa yang lulus pada pre-test  = 16.7 % dari total keseluruhan siswa, dan pada post-test I = 83.3 %, dan kemudian, pada post-test II = 100 % siswa yang mampu lulus ujian. Berdasarkan hasil diatas, itu dapat disimpulkan bahwa board game dapat meningkatkan kemampuan simple present tense siswa. Media ini membuat siswa tertarik dan termotivasi dalam proses pembelajaran.

Article Details

How to Cite
HANDOKO, Muhamad Dini. Board Game Teaching English In Simple Present Tense. Jurnal Dewantara, [S.l.], v. 6, n. 02, p. 200-215, jan. 2019. ISSN 2541-609X. Available at: <https://ejournal.iqrometro.co.id/index.php/pendidikan/article/view/board-game-teaching-english-in-simple-present-tense>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles