Praktik Layanan QRIS Ziswaf Bank Syariah Indonesia KC Metro Sudirman Dalam Pengelolaan Keuangan Masjid

Main Article Content

Reonika Puspita Sari

Abstract

The type of research that researchers will use is field research while the nature of the research that researchers will use is qualitative descriptive, namely, researchers seek to describe, clearly describe the phenomena that occur in the field related to the practice of QRIS ZISWAF Bank Syariah Indonesia in the financial management of mosques. The approach used in this study is the phenomenological approach.  Researchers try to explain phenomena that occur in the field, so there is no limit in understanding the phenomena that occur.


QRIS ZISWAF Service Practice of Bank Syariah Indonesia Kc Metro Sudirman in The Financial Management of mosques conducted by the three mosques, namely Taqwa Metro Pusat mosque, Masjid Al Jihad Metro Pusat and Masjid An-Nur Metro regency Metro Pusat which already uses QRIS ZISWAF services can be said to be ineffective. This is seen from the number of worshippers and communities around the mosque who do not understand how to use QRIS services in distributing ZISWAF. One of the causes is the lack of socialization from the Indonesian Sharia bank Kc Metro, which is only limited to socialization to mosque administrators and new worshippers only limited to listening to explanations when they finish praying in the congregation. As well as on QRIS barcodes there is no explanation of the steps how to use the QRIS application in distributing ZISWAF.


Jenis penelitian yang akan peneliti gunakan adalah penelitian lapangan sedangkan sifat penelitian yang akan peneliti gunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu, peneliti berupaya mendeskripsikan, menggambarkan secara jelas fenomena yang terjadi di lapangan terkait praktik QRIS ZISWAF Bank Syariah Indonesia dalam pengelolaan keuangan masjid. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi.  Peneliti mencoba menjelaskan fenomena yang terjadi di lapangan, sehingga tidak ada batasan dalam memahami fenomena yang terjadi.


Praktek layanan QRIS ZISWAF Bank Syariah Indonesia Kc Metro Sudirman dalam Pengelolaan Keuangan masjid yang dilakukan ketiga masjid yaitu masjid Taqwa Metro Pusat, Masjid Al Jihad Metro Pusat Serta Masjid An-Nur Metro regency Metro Pusat yang sudah menggunakan layanan QRIS ZISWAF dapat dikatakan belum efektif. Hal ini terlihat dari banyaknya para jamaah dan masyarakat sekitar masjid yang belum paham bagaimana cara menggunakan layanan QRIS dalam menyalurkan ZISWAF. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya sosialisasi dari pihak bank Syariah Indonesia Kc Metro yaitu baru sebatas sosialisasi kepada pengurus masjid dan jamaah baru sebatas mendengarkan penjelasan ketika selesai solat berjamaah dimasjid. Serta pada barcode QRIS tidak ada penjelasan mengenai langkah-langkah bagaimana cara menggunakan aplikasi QRIS dalam menyalurkan ZISWAF.

Article Details

How to Cite
SARI, Reonika Puspita. Praktik Layanan QRIS Ziswaf Bank Syariah Indonesia KC Metro Sudirman Dalam Pengelolaan Keuangan Masjid. Jurnal Dewantara, [S.l.], v. 13, n. 01, p. 128-141, july 2022. ISSN 2541-609X. Available at: <https://ejournal.iqrometro.co.id/index.php/pendidikan/article/view/190>. Date accessed: 22 oct. 2024.
Section
Articles