Pengaruh Perilaku Konsumen Berdasarkan Prestige Terhadap Fluktuasi Harga
Main Article Content
Abstract
Harga yang dikedepankan oleh Ibn Khaldun, adalah harga yang dikehendakinya adalah berdasarkan kekuatan penawaran dan permintaan yang dipengaruhi oleh nilai kemanfaatan barang yang dikehendaki oleh konsumen. Kehendak konsumen untuk membeli atau memiliki suatu barang bisa muncul karena faktor keinginan ataupun faktor kebutuhan. Karakteristik dari keinginan itu sendiri bersumber dari hasrat atau nafsu manusia yang menghasilkan kepuasan dan dapat diukur dari preferensi suatu barang, serta harus dibatasi/dikendalikan. Sedangkan kebutuhan bersumber dari fitrah manusia yang menghasilkan manfaat dan berkah (mashlahah) bagi konsumen itu sendiri juga sekelompok masyarakat, yang dapat diukur dari fungsi suatu barang itu sendiri.
Article Details
How to Cite
ROSMALINDA, Upia.
Pengaruh Perilaku Konsumen Berdasarkan Prestige Terhadap Fluktuasi Harga.
Jurnal Dewantara, [S.l.], v. 12, n. 02, p. 195-218, dec. 2021.
ISSN 2541-609X.
Available at: <https://ejournal.iqrometro.co.id/index.php/pendidikan/article/view/174>. Date accessed: 12 mar. 2025.
Section
Articles