Improving English Proficiency in Salafiyah Boarding School
Main Article Content
Abstract
Bahasa Inggris terdiri dari keterampilan bahasa reseptif dan keterampilan bahasa produktif. Penelitian ini telah dilakukan di Pondok Pesantren Darul Amal dan Roudlotul Qurân di Kota Metro. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas untuk mengumpulkan data. Penelitian ini fokus pada keterampilan menulis dalam proses belajar bahasa Inggris. Dalam hal ini penulis menggunakan Brainstorming Technique dan SLOW CaPS Strategy. Berdasarkan Brainstorming, ini menunjukkan bahwa peningkatan secara signifikan dari pre-test ke post-test 1 ke post-test 2 ke post-test 3. Berdasarkan strategi SLOW CaPS, dapat terlihat pada hasil lembar observasi ketika siklus I yaitu 60%. Selain itu, lembar observasi hasil pada siklus II adalah 76,8%. Hasil kegiatan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 70%. Jadi dari penelitian ini kita dapat menyimpulkan bahwa di Pondok Pesantren Salafiyah kita dapat menggunakan Teknik Brainstorming dan Strategi SLOW CaPS untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam Bahasa Inggris.